preload

MUSLIM NEGARAWAN

MUSLIM NEGARAWAN

Pages - Menu

HUMAS GERAKAN

Published in: Label:


HUMAS GERAKAN


Urgensi humas gerakan 

Manusia diciptakan berpasang-pasang, bermacam suku, ras, agama dan budaya supaya mereka saling mengenal antara satu dan yang lain, hal ini menjadikan manusia harus mampu berinteraksi dengan manusia dan makhluk lainnya. Sehingga manusia memiliki sifat dasar untuk bersosialisasi karena fitrahnya manusia merupakan makhluk sosial/ zoon politicon. Kebutuhan dasar untuk berkomunikasi dan berinteraksi dengan lingkungan inilah yang menjadikan humas / hubungan masarakat menjadi urgen. Sebagai contoh, di suatu lembaga, instansi atau gerakan, ada beberapa di antaranya menempatkan humas dalam struktural resmi dan hal ini membuktikan bahwa peran dan fungsi humas begitu penting. Selanjutnya, dalam sistem pemerintahan negara kita, presiden memilki juru bicara dan menteri komunikasi dan informatika yang digunakan sebagai lalu lintasnya informasi antara masyarakat dan pemerintah.
Peran komunikasi antara HUMAS dengan masyarakat dirasa perlu untuk menjembatani informasi yang akan disampaikan kepada masyarakat itu sendiri. Humas memiliki peran untuk menjalin komunikasi dalam dua arah yakni intern dan ekstern. Informasi dalam arah intern merupakan informasi yang harus disampaikan ke dalam lingkup organisasi itu sendiri, sedangkan ekstern merupakan informasi yang harus disampaikan kepada masyarakat di luar organisasi.                                                                                   Humas juga berfungsi sebagai pembentuk wajah organisasi maupun gerakan, bagaimana ia mampu memberi pencitraan terhadap organisasinya agar dipandang baik di mata masyarakat. Pencitraan tersebut harus dikemas secara apik agar tidak terjadi miss comunication yang akan membuat perpecahan baik di dalam badan organisasi maupun di luar organisasi itu sendiri. Hal ini juga yang menuntut HUMAS untuk membuat manajemen komunikasi dan informasi secara lugas da jelas. Sehingga lalu lintas informasi yang disampaikan berjalan dengan lancar.
Suatu gerakan yang membawa visi dakwah harus memiliki HUMAS yang berkompetensi dalam menyiarkan dakwah kepada objek dakwahnya, sehingga peran HUMAS adalah sebagai pengantar informasi dan pembawa pesan. Hal ini sesuai tuntunan yang ada di dalam Al-qur’an tentang banyaknya ayat-ayat yang menyeru kepada kebaikan dengan diawali kata-kata, sampaikanlah..., katakanlah...,dan lain sebagainya. Selain itu HUMAS juga berperan penting dalam merekrut anggota organisasi serta mengadakan kerja sama dengan organisasi lain. Oleh karena itulah , HUMAS dipandang penting dan merupakan nafas dari suatu badan organisasi.


Sumber : Buku karya Edo Segara “HUMAS GERAKAN MEMBANGUN CITRA GERAKAN”






Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

About Me