preload

MUSLIM NEGARAWAN

MUSLIM NEGARAWAN

Pages - Menu

Tiga Peran Penting Mahasiswa
Oleh : Aulia Rahim

 
Dunia perkuliahan zaman sekarang ini sangat berbeda dengan waktu silam. Dimana mahasiswa tidak hanya memikirkan dirinya sendiri pada kuliahnya. Namun, dia juga memikirkan hal-hal yang ada disekitarnya terutama masyarakat.
Memunculkan kembali memori lama yang sempat hilang. Kita ketahui bahwa mahasiswa memiliki tiga peran penting, antara lain : 

Pertama, agen of change. Sebuah agen perubahan yakni mahasiswa mampu membawa perubahan kearah yang lebih baik. Mahasiswa dimata masyarakat dikenal sebagai intelektual muda. Sejarah pun membuktikan mahasiswa memang patut disebut intelektual muda sebab mahasiswa mampu membawa perubahan baru dari era orde lama menuju era reformasi. Mahasiswa memiliki semangat dan gejolak yang luar biasa, sehingga membuat mereka tak tinggal diam jika ada sesuatu hal yang tidak sesuai dengan kebenaran yang ada. Dengan daya tajam dan kemampuan yang kritis terhadap hal-hal yang berlawanan dengan kebenaran itulah yang membuat mereka dikatakan sebagai agen of change.

Kedua, social control. Mahasiswa dengan ciri khasnya yang kritis dan peka terhadap perubahan yang terjadi di lingkungannya. Dengan rasa peduli dan sosialitasnya sehingga mampu untuk menjaga kestabilan sosial. Setelah lulus kuliah, mahasiswa akan terjun langsung berhadapan dengan masyarakat luas. Itulah peranan mahasiswa sebagai social control yang sangat berpengaruh terhadap pengawasan masyakarat. Jika disuatu masyarakat terjadi konflik, maka disaat itulah mahasiswa terjun langsung kekawasan tersebut. Secara naluriah, seorang mahasiswa memiliki cara pandang yang objektif dan idealis terhadap suatu permasalahan. Menanggapi suatu konflik mahasiswa akan lebih mudah menyelesaikannya dari pada masyarakat awam sebab masyarakat awam biasanya diliputi rasa ego dan subjektif yang tinggi. 

Ketiga, Iron stock. Bakal-bakal generasi penerus bangsa dan penyambung estafet kepemimpinan bangsa. Mahasiswa adalah bibit-bibit muda yang akan menggantikan pemimpin-pemimpin bangsa di masa depan kelak. Batu loncatan bangsa menuju kejayaan. Seperti yang sudah tertulis dengan pena emas dari mahasiswa lahirlah tokoh-tokoh yang menggantikan orang-orang penting yang sudah pasti akan habis masa baktinya.
  • 1 komentar:

  • nice, semoga Kammi maju selalu. salam persaudaraan academic Indonesia :)
    baca juga terkait kammi dan peran mahasiswa

    • Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

About Me