preload

MUSLIM NEGARAWAN

MUSLIM NEGARAWAN

Pages - Menu



BAB I
PENDAHULUAN

A.      Latar Belakang
Masyarakat adalah makhluk sosial yang selalu mengalami dinamika perubahan sosial. Perubahan sosial yang terjadi di kalangan masyarakat tersebut adalah suatu keharusan, karena tidak mungkin bertahan dalam satu kondisi yang bersifat statis dan cenderung tetap. Karena sudah menjadi sunatullah bahwa kehidupan ini bersifat dinamis seperti putaran roda yang suatu saat berada di bawah dan suatu saat berada di atas.  Sehingga manusia yang menyandang sebagai khalifatullah mempunyai kewajiban untuk merubah kondisi dirinya sendiri, baik secara individual maupun dalam perspektif sosial.
Begitu banyak problem sosial yang terjadi di kalangan masyarakat dan kompleksitas problem sosial tersebut terjadi di segala bidang kehidupan yakni dalam bidang sosial, politik, pendidikan, agama dan lain sebagainya. Sehingga diperlukan upaya untuk memecahkan masalah dan memperbaiki sistem sosial yang mengarah kepada kehidupan masyarakat yang ideal. Hal ini harus diimbangi dengan langkah konkret yang memiliki visi dan misi yang jelas. Sehingga rencana untuk mengubah setting pola pikir masyarakat dapat berjalan berdasarkan tujuan. Problem sosial yang terjadi disebabkan oleh kesalahan berfikir dan mitos-mitos yang telah berkembang di masyarakat dan di sinilah diperlukannya suatu  rekayasa sosial untuk memecahkan masalah tersebut. Di samping itu diperlukan agen-agen yang mampu memberikan solusi dalam pemecahan masalah sosial yang berperan sebagai pembaharu dan penggerak dalam upaya rekayasa sosial yang bersifat positif.
Dalam usaha sebagai aktor rekayasa sosial dibutuhkan konsep-konsep yang menjadi dasar pergerakan perubahan sosial. Konsep tersebut dapat dibagi berdasarkan waktu dan cakupan efek yang ditimbulkannya yakni dapat berupa evolusi, revolusi, reformasi, dan metamorfosis  sosial. Keempat konsep tersebutlah yang menjadi dasar perubahan sosial. Namun hanya satu konsep yang tepat dan rekayasa yang matanglah yang mampu mengubah Indonesia dan mengubah pemikiran umat.
B.     Tujuan
Penulisan makalah ini bertujuan untuk :
1.      Menjelaskan tentang definisi rekayasa sosial
2.      Menelaah tentang pentingnya rekayasa sosial dalam kehidupa bermasyarakat
3.      Menelaah tentang berbagai konsep rekayasa sosial
4.      Menelaah konsep rekayasa sosial untuk mengubah Indonesia
5.      Memahami dan menelaah peran strategis mahasiswa dalam mengaplikasikan konsep rekayasa sosial

C.     Rumusan Masalah
1.    Apa definisi dari rekayasa sosial?
2.    Apa urgensi dari rekayasa sosial?
3.    Bagaimana konsep-konsep rekayasa sosial?
4.    Bagaimana membangun Indonesia dengan konsep rekayasa sosial?
5.    Sebutkan peran gerakan mahasiswa dalam rekayasa sosial?











BAB II
PEMBAHASAN

A.      Pengertian Rekayasa Sosial
Kehidupan di dunia tidaklah bersifat statis dan tetap, tetapi bersifat dinamis dan selalu berubah seperti halnya perubahan kedudukan roda saat berputar. Begitu juga dengan kehidupan bermasyarakat yang senantiasa mengalami dinamika perubahan sosial. Terdapat empat hal yang terkait dengan perubahan sosial itu sendiri yaitu : perkembangan teknologi, konflik sosial, kebutuhan adaptasi dengan sistem sosial dan pengaruh dari idealisme dan ideologi pada aktivitas sosial. Hal ini tentunya akan mempengaruhi cara berfikir masyarakat dalam menyikapi masalah sosial yang ada. Sehingga tidak dapat dipungkiri jika dari cara penyikapan dengan pola pikir yang berbeda akan menimbulkan konsep solutif yang berbeda pula. Ketika perubahan sosial itu tidak lagi terkendali dan harapan (das Sollen) masyarakat tidak sesuai dengan kenyataan (das Sein), maka akan menimbukan masalah sosial.
Rekayasa sosial merupakan sebuah proses yang direncanakan, dipetakan pelaksanaannya guna mengadakan perubahan struktur dan kultur berbasis pada sosial masyarakat. Rekaysaa sosial merupakan alat untuk mencapai sebuah tujuan, merupakan campur tangan atau seni memanipulasi sebuah gerakan ilmiah dari visi ideal tertentu yang ditujukan untuk mempengaruhi perubahan sosial, bisa berupa kebaikan maupun keburukan dan juga bisa berupa kejujuran, bisa pula berupa kebohongan.
B.       Urgensi Rekayasa Sosial
          Dalam dinamika perubahan sosial selalu ada perencanaan dan manipulasi keadaan sosial. Sehingga akan mengakibatkan adanya perbedaan antara perubahan individu maupun perubahan sosial. Dalam perubahan individu berlaku unplanned social change (perubahan sosial yang tidak terencana). Hal ini terjadi karena kemampuan respect feeling tiap individu berbeda-beda. Sedangkan perubahan sosial adalah perubahan yang memiliki perencanaan tujuan dan strategi sehingga disebut planned social change (perubahan sosial terencana). Seringkali disebut juga dengan istilah social engineering atau social planning. Contoh dari planned social change adalah pembangunan (development) yang berkisar pada bagaimana mengubah satu masyarakat dengan mengubah sistem ekonominya yang biasanya berpegang pada Ekonomi Klasik.   
          Saat ini begitu banyak masalah sosial yang muncul di kalangan masyarakat, yakni kemiskinan, kebodohan, KKN (korupsi kolusi dan nepotisme), kemerosotan moral, keterbalakangan pendidikan, pertikaian atau konflik (conflict), dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dibutuhkan suatu konsep rekayasa sosial untuk memecahkan masalah tersebut dan biasanya efek bias yang ditimbulkan ditandai dengan perubahan bentuk dan fungsionalisasi kelompok, lembaga atau tatanan sosial.
Pada umumnya, masyarakat mengharapkan perubahan sosial yang mengarah kepada kesejahteraan, kedamaian, kemajuan, dan keterbukaan dalam pemecahan masalah. Sehingga diperlukan rekayasa sosial yang memiliki visi dan misi yang jelas dengan diimbangi langkah-langkah strategis yang pasti. Rekayasa sosial sangat diperlukan sebagai main control kepada pelaku sosial khususnya masyarakat agar tidak masuk ke dalam aktivitas perubahan sosial yang salah.
C.      Konsep-Konsep Rekayasa Sosial
Di dalam mekanisme perubahan sosial dibutuhkan konsep-konsep dasar sebagai model perubahan sosial dalam upaya memecahkan masalah. Konsep rekayasa sosial itu berupa planned social change (perubahan sosial terencana). Karena semua rekayasa merupakan alat untuk mencapai sebuah misi. Dan hubungan antara rekayasa sosial dan misi merupakan hubungan sebab-akibat yang tidak dapat dipisahkan. Adanya tujuan akan menghasilkan suatu cara, dan diperlukan suatu rekayasa, begitu juga dengan konsep rekayasa itu sendiri yang melatarbelakangi adanya misi maupun tujuan.   Ada 4 konsep rekayasa sosial yang telah dikenal, yakni :



1.        Evolusi
a.       Lahirnya Darwinisme sosial
          Pada tahun 1859 Charles Darwin (1809 – 1882) menerbitkan buku yang berjudul On the Origin of Species, atau the Preservation of Favoured Races in the Struggle for  Life yang membahas proses evolusi organisme-organisme fisik. Ia berpendapat bahwa manusia mengalami evolusi yang berawal dari jutaan tahun yang lalu. Manusia juga mengalami evolusi dan memiliki kesamaan ciri dan berkerabat dekat dengan  kera. Konsep inilah yang mempengaruhi Darwinisme Sosial yakni hasil pandangan Herbert Spencer. Herbert Spencer melihat ada kesamaan dalam teori evolusi darwin sehingga  terkadang manusia disebut sebagai organisme yang mengalami perubahan fisik dari waktu ke waktu, begitu juga dengan kondisi sosial masyarakat. Darwinisme Sosial menggambarkan bahwa perubahan dalam masyarakat berlangsung secara evolusioner (lama) yang dipengaruhi oleh kekuatan yang tidak dapat diubah oleh perilaku manusia dan konflik antara kelompok-kelompok dalam masyarakat menyebabkan kemajuan sosial sebagai kelompok superior outcompete yang rendah. Darwinisme Sosial umumnya dipahami untuk menggunakan konsep perjuangan untuk eksistensi dan survival of the fittest untuk membenarkan kebijakan sosial yang tidak membeda-bedakan mereka mampu menghidupi diri sendiri dan orang-orang tidak mampu menghidupi diri sendiri. Banyak seperti dilihat stres kompetisi antar individu dalam laissez-faire kapitalisme , tetapi ideologi juga telah memotivasi gagasan eugenika , rasisme ilmiah , imperialisme , fasisme , Nazisme . dan perjuangan antara kelompok nasional atau ras.
          Evolusi juga suatu penyesuaian mental karena tekanan yang tidak lagi mentolerir kebiasaan-kebiasaan berfikir yang dibentuk pada masa lampau untuk menyesuaikan dengan keadaan yang lain (Veblen, 1944). Evolusi sosial dengan kata lain perubahan sosial yang berlangsung secara perlahan-lahan dan kumulatif (evolusi bukannya revolusi ), dan perubahan sosial ditentukan dari dalam (endogen bukan eksogen). Sebagai contoh evolusinisme di Inggris, yang merupakan penerapan atas teori darwinisme. namun
          Perubahan evolusi adalah perubahan-perubahan sosial yang terjadi dalam proses lambat, dalam waktu yang cukup lama dan tanpa ada kehendak tertentu dari masyarakat yang bersangkutan/tidak terencana. Perubahan-perubahan ini berlangsung mengikuti kondisi perkembangan masyarakat, yaitu sejalan dengan usaha-usaha masyarakat dalam memenuhi kebutuhan hidupnya sehari-hari. Dengan kata lain, perubahan sosial terjadi karena dorongan dari usaha-usaha masyarakat guna menyesuaikan diri terhadap kebutuhan-kebutuhan hidupnya dengan perkembangan masyarakat pada waktu tertentu sesuai dengan lingkungannya. Contoh, perubahan sosial dari masyarakat berburu menuju ke masyarakat meramu. Dalam proses perubahan tersebut dibutuhkan waktu yang cukup lama. Saat sekelompok masyarakat berpikir bahwa hewan buruan yang dijadikan makanan banyak tersedia maka mereka berpikir untuk melakukan perburuan dalam proses pemenuhan kebutuhan hidupnya. Sementara seiring dengan waktu ketika jumlah hewan buruan terbatas mereka harus berpikir untuk melakukan hal lain, misal dengan bercocok tanam. Ada proses perubahan yang perlahan di sana yang kemudian membentuk sebuah situasi sosial yang baru.
2.      Revolusi
a.   Definisi dan Karakteristik Revolusi
          Kata revolusi muncul dalam pengertian yang umum pada abad ke-14 yang berarti gerakan berputar yang diperkenalkan oleh Nicholas Copernicus untuk menunjukkan gerakan berputar benda-benda langit. Namun seiring berjalannya waktu revolusi diartikan sebagai terobosan historis yang membentuk masyarakat baru dan sebagai bentuk dari perubahan sosial yang paling spektakuler yang menyentuh seluruh aspek kehidupan berbangsa , perubahan yang beresiko dan sporadis. Revolusi menutup satu zaman dan membuka zaman baru tanpa menyisakan hal apapun seperti sebelumnya. Revolusi memang perubahan yang cepat, tetapi tidak semua perubahan yang cepat disebut revolusi. Menurut Sztompka (dalam Rakhmat, J.1999), setidaknya ada lima ciri dari revolusi yang membedakannya dari perubahan sosial lainnya: (1) revolusi menghasilkan perubahan dengan skala paling luas dan menyentuh seluruh dimensi kehidupan masyarakat. (2) perubahan pada revolusi bersifat radikal, fundamental, dan mengakar pada inti permasalahan. (3) perubahan terjadi dengan sangat cepat. (4) revolusi menunjukkan perubahan yang paling nyata; karena itu paling dikenang. (5) revolusi menimbulkan reaksi emosional dan intelektual yang besar dari seluruh pihak.
          Ada banyak contoh bangsa-bangsa besar lahir dari puing-puing revolusi, sebagai contoh revolusi industri di Inggris (1750), revolusi perancis (1789), revolusi komunis di rusia (1917), revolusi mexico (1919), revolusi islam di Iran (1979), dan lain sebagainya. Revolusi yang terjadi pada bangsa-bangsa besar tersebut menyisakan dampak yang sangat berpengaruh pada perubahan sosial masyarakat dan  pada saat yang sama ada ketakutan akan kedahsyatan revolusi. Revolusi menjadi momok yang mengerikan, bersimbah darah, dan penuh dengan adegan kekerasan dan di sisi lain revolusi menjadi harapan yang membimbing kita pada status quo pada cahaya masa depan.
b.      Dampak Revolusi
          Revolusi memberikan penawaran perubahan sosial yang menimbulkan dampak pada segala aspek kehidupan sosial. Sebagai contoh, revolusi industri di Inggris. Revolusi Industri merupakan periode antara tahun 1750-1850 di mana terjadinya perubahan secara besar-besaran di bidang pertanian, manufaktur, pertambangan, transportasi, dan teknologi serta memiliki dampak yang mendalam terhadap kondisi sosial, ekonomi, dan budaya di dunia. Dampak yang terjadi memacu timbulnya revolusi sosial, munculnya gerakan sosialis, bergolaknya imperialisme modern dan lain sebagainya. Sehingga dengan adanya perubahan tersebut berdampak pada perubahan yang terjadi dalam skala dunia yaitu  pergolakkan penjajahan atas negara miskin dan berkembang semakin berkobar. Penindasan di mana-mana, perusakan dan eksplorasi sumber daya semakin tak beraturan. Pelecehan terhadap kaum lemah dan wanita semakin meningkat, dan lain sebagainya. Hal inilah yang menjadikan teori revolusi dipandang sebagai suatu konsep perubahan yang gagal karena revolusi bukan alternatif yang tepat melainkan memacu timbulnya masalah dan konflik baru bagi kehidupan secara global.
          Pada abad ke-20, teori revolusi mulai tumbang dikarenakan begitu banyak efek dan dampak yang ditimbulkan, tidak hanya berdampak pada masa pasca revolusi tapi untuk waktu yang berkepanjangan. Adapun dampaknya adalah sebagai berikut : (1) revolusi tidak menjanjikan kemajuan tetapi krisis, (2) revolusi tidak menegakkan keadilan dan kemakmuran tetapi justru melahirkan ketidakadilan, penindasan, kesengsraan yang berkepanjangan, (3) revolusi menghilangkan seorang tiran dan menggantikannya dengan ribuan tiran. Hal ini telah menunjukkan bahwa revolusi bukan perubahan yang menawarkan pemecahan masalah yang tuntas dan kompleks, namun perubahan yang menghasilkan maslah baru dan memiliki efek yang luas dan berkepanjangan.

3.      Reformasi.

 Menurut KBBI reformasi didefinisikan sebagai perubahan secara drastis untuk perbaikan (bidang sosial, politik, atau agama) dl suatu masyarakat atau negara. Reformasi merupakan salah satu dari konsep rekayasa sosial yang menghendaki sebuah perubahan  yang signifikan untuk mengubah hal-hal yang sudah tidak dipandang baik oleh masyarakat.Sebuah bentuk perubahan yang sebenarnya parsial, namun sangat drastis sehingga memberikan efek pada situasi yang lain secara utuh.
Reformasi sendiri pernah terjadi di Indonesia pada tahun 1998 saat penggulingan Soeharto. Merupkan sebuah ledakan kejenuhan atas ketidaknyamanan terhadap situasi tertentu dalam masyarakat sehingga terjadi formasi ulang dalam struktur pemerintahan di mana hegemoni orde baru sudah tidak dapat dipercaya atas berbagai kasus KKN sehingga direformasi menjadi sistem demokrasi yang lebih baik.
Dalam reformasi perubahan struktur orgnanisasi suatu masyarakat sangat mencolok, karena obyek yang dituju adalah perubahan posisi yang misalnya reformasi ’98 bertujuan untuk menggulingkan rezim Soeharto. Namun dampak pasca reformasi pun belum dirasakan signifikan.
4.      Metamorfosis Sosial atau Sosial Morfosa
a.       Definisi Metamorfosa Sosial
          Menurut KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia), metamorfosa berarti perubahan bentuk atau susunan, berubah kedudukan (tingkat, martabat). Dalam ilmu pengetahuan alam, metamorfosis merupakan proses perkembangan biologi pada hewan yang melibatkan perubahan penampilan fisik dan/atau struktur setelah kelahiran atau penetasan atau perubahan bentuk struktural biologis hewan untuk mencapai tahap kedewasaan. Namun dalam aspek ilmu sosial, metamorfosis sosial atau sosial Morfosa adalah sebuah gagasan perubahan sosial masyarakat kearah yang lebih baik, di mana berhubungan erat dengan bentuk masyarakat, pola masyarakat, kondisi masyarakat, sistem masyarakat dan peran masyarakat.
          Metamorfosis sosial ini telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam upaya menata kehidupan umat terdahulu yakni untuk memberantas kejahiliyahan dan menegakkan syari’at islam. Rasulullah diutus  untuk mengatur tata kehidupan dan mengubah pola hidup masyarakat jahiliyah dengan menggunakan dua azaz dalam upaya menegakkan syariat islam, yakni aqidah dan akhlak. Karena dua azaz ini merupakan  perkara pokok dalam membentuk karakter dan pengembangan diri umat islam. Rasulullah telah berhasil mengubah kebiasaan dan kebudayaan umat terdahulu dengan perencanaan yang matang dan konsep yang utuh dan sempurna.
            Rasulullah tidak menggunakan konsep evolusi dengan darwinisme sosialnya Herbert Spencer yang memakan waktu yang sangat lama dengan perubahan yang mengakui bahwa perubahan itu terjadi karena kekuatan yang tidak dapat diubah oleh perilaku manusia. Rasulullah juga tidak menggunakan konsep revolusi yang memberikan solusi tapi menyisakan masalah di kemudian hari, juga tidak menggunakan konsep reformasi yang hanya mengubah sebagian dari bagian yang lain dari seluruh aspek kehidupan. Namun, Rasulullah menggunakan konsep yang utuh dan mengubah seluruh aspek kehidupan manusia dengan metode dakwahnya.
 Konsep ini berlangsung perlahan namun  pasti, membutuhkan waktu yang tidak cepat namun juga tidak lambat, dan mencakup segala bidang kehidupan.
Morfosa sosial menawarkan perubahan di setiap aspek kehidupan secara menyeluruh dan memperhitungkan efek secara matang. Konsep ini membutuhkan biaya yang besar dan waktu yang relatif agak cepat. Sehingga perubahan sosial yang terjadi tidak akan dipengaruhi oleh perjalanan sejarah sebelumnya.
D.      Menjadikan Islam sebagai Gagasan untuk Membangun Indonesia   
          Pada hari ini telah Ku sempurnakan untuk kamu agamamu, dan telah Ku-cukupkan kepadamu nikmat-Ku, dan telah Ku-ridai Islam itu jadi agama bagimu”. (QS. Al - ma’idah : 3).
Berdasarkan ayat di atas, telah jelas bahwasannya islamlah satu-satunya agama yang diridhai oleh Allah SWT dan Allah telah meneyempurnakannya dengan memberikan suatu mukjizat kepada Rasulullah SAW berupa Al-Qur’an sebagai pedoman hidup manusia.
a.       Islam itu utuh
       Islam adalah aqidah dan ibadah, negara dan kewarganegaraan, toleransi dan kekuatan, moral dan material, peradaban dan perundang-undangan. Sesungguhnya seorang dengan hukum islamnya dituntut untuk memperhatikan semua persoalan umat, dari berbagai aspek kehidupan.
b.      Menjadikan islam sebagai landasan pemikiran umat 
       Islam meliputi seluruh kejadian yang ada di bumi, dengan Al-qur’an islam berbicara, dengan sunnah islam bertindak, dengan ijtihad islam bertahan. Islam mampu tegak di tengah badai peperangan pemikiran, islam mampu melawan arus penyesatan umat lewat ghozwul fikr-nya dan mencegah injeksi virus-virus kemusyrikan terhadap umat. Islam pantas dijadikan sebagai landasan, karena ia bersifat syamil dan kamil. Syamil berarti menyeluruh sedangkan kamil berarti sempurna.
Bermetamorfosis ala islam
       Indonesia adalah negara dengan jumlah muslim terbesar di dunia. Indonesia adalah awal mula peradaban manusia tercipta, di sanalah tempat orang-orang cerdas pertama kali bermukim, tempat di mana atlantis berada tersebar di daerah Indonesia.
          Indonesia merupakan tanah leluhur yang harus dipertahankan, dilindungi dan dijaga, karena Indonesia adalah bangsa yang besar dengan budaya yang beragam. Oleh karena hal itu pula Indonesia memiliki potensi dan peluang yang besar untuk dimasuki oleh budaya dan pemikiran barat lewat arus globalisasinya.
Strategi dan rekayasa metamorfosis sosial
a.       Indonesia harus tahu siapa musuh islam dan musuh negaranya
1.     Syetan/ iblis (35:6/2:168-169/36:60-62)
“Sesungguhnya syaitan itu adalah musuh yang nyata bagimu, maka anggaplah ia musuh(mu), karena sesungguhnya syaitan-syaitan itu hanya mengajak golongannya supaya mereka menjadi penghuni neraka yang menyala-nyala”. (QS. 35:6).
2. Hawa nafsu (12:53/19:59)
“Dan aku tidak membebaskan diriku (dari kesalahan), karena sesungguhnya nafsu itu selalu menyuruh kepada kejahatan, kecuali nafsu yang diberi rahmat oleh Rabbku. Sesungguhnya Rabbku Maha Pengampun lagi Maha Penyayang”. (QS. 12:53)
3. Orang-orang kafir (4:101)
“Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu menqasar shalat(mu), jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu musuh yang nyata bagimu”. (QS. 4:101).
4. Orang yang menghalangi diinullah
“dan menghalang-halangi (manusia) dari jalan Allah dan menginginkan agar jalan Allah itu bengkok. Mereka itu berada dalam kesesatan yang jauh”. (QS. 14:3).


5. Thaghut (28:8/2:257)
“Allah Pelindung orang-orang yang beriman; Dia mengeluarkan mereka dari kegelapan (kekafiran) kepada cahaya (iman). Dan orang-orang yang kafir, pelindung-pelindungnya ialah syaitan, yang mengeluarkan mereka dari cahaya kepada kegelapan (kekafiran). Mereka itu adalah penghuni nereka; mereka kekal di dalamnya”. (QS. 2:257).
6. Orang munafiq (63:4)
“Dan apabila melihat mereka, tubuh-tubuh mereka menjadikan kamu kagum. Dan jika mereka berkata kamu mendengarkan perkataan mereka. Mereka seakan-akan kayu yang tersandar. Mereka mengira bahwa tiap-tiap teriakan yang keras ditujukan kepada mereka. Mereka itulah musuh (yang sebenarnya) maka waspadalah terhadap mereka: semoga Allah membinasakan mereka. Bagaimanakah mereka sampai dipalingkan (dari kebenaran)”. (QS. 63:4).
7. Ahlul kitab (5:82/2:120)
“Sesungguhnya kamu dapati orang-orang yang paling keras permusuhannya terhadap orang-orang yang beriman ialah orang-orang Yahudi dan orang-orang musyrik. Dan sesungguhnya kamu dapati yang paling dekat persahabatannya dengan orang-orang yang beriman ialah orang-orang yang berkata:"Sesungguhnya kami ini orang Nasrani". Yang demikian itu disebabkan karena diantara mereka itu (orang-orang Nasrani) terdapat pendeta-pendeta dan rabib-rabib, (juga) karena sesungguhnya mereka tidak menyombongkan diri”. (QS. 5:82).
b.      Indonesia harus mengetahui tujuan dan visi musuh
       Musuh islam adalah musuh yang nyata dan berbahaya, mereka mempunyai misi yang satu dalam berbagai bentuk penyesatan. Konspirasi besar dan perencanaan di balik misi agung yaitu penyembahan terhadap syaitan. Karena syaitan/ iblis telah bersumpah untuk menyesatkan anak cucu adam sebagai bentuk kakafirannya tehadap Allah dan menjadi teman setia dalam neraka jahanam.
       Secara umum, pihak-pihak yang selalu bersinggungan dan berperan sebagai media syaitan adalah gerakan freemason, illuminati dan zionis. Mereka secara terang-terangan dan sembunyi-sembunyi untuk melawan dan mengahancurkan islam. Mereka bergerak dalam segala aspek kehidupan sosial. Mereka telah merancang propaganda besar dan telah mempersiapkannya sedemikian rupa. Oleh karena Indonesia adalah negara dengan muslim terbanyak di dunia, maka Indonesia sudah sepatutnya mawasdiri dan bertindak untuk berperang melawan musuh-musuh umat islam. Karena jika hal ini dibiarkan begitu saja, maka negara dengan mayoritas muslim ini, akan menjadi korban keganasan dan kekejaman musuh.

c.       Indonesia harus merancang strategi yang matang
       Bermetamorfosis harus dilakukan sedini mungkin, karena musuh islam telah berlari dan terus menggencarkan usahanya untuk menaklukan dunia. Rasulullah telah mengajarkan kepada umatnya bagaimana cara melawan musuh dan memeranginya.
Umar bin Khattab pernah berkata, “Sesungguhnya pintu Islam akan hancur satu per satu jika dalam Islam lahir generasi yang tidak mengenal apa itu jahiliyah (kebodohan).
Strategi-strategi
1.      Ikhlas dan senantiasa bertawakkal kepada Allah SWT.
          Belajar ilmu ikhlas bukanlah perkara mudah. Perlu pembiasaan dan latihan untuk mewujudkan pribadi yang mukhlis. Sehingga usaha dan bertawakkal harus disandarkan kepada Allah. Agar semua niat dan jalannya usaha mendapatkan keberkahan. Sesuai firman Allah :
“Sesungguhnya syaitan itu tidak ada kekuasaannya atas orang-orang yang beriman dan bertawakkal kepada Tuhannya. Sesungguhnya kekuasaannya (syaitan) hanyalah atas orang-orang yang mengambilnya jadi pemimpin dan atas orang-orang yang mempersekutukannya dengan Allah”. (QS. 16 Al-Nahl : 99 – 100).
2.      Menjadi pribadi pembelajar dan berilmu
“Sesungguhnya jiwa saya merasa senang dengan ilmu: dengannya jiwa saya semakin kuat (Ibnu Taimiyah)
          Allah akan meninggikan derajat orang-orang yang beriman dan berilmu beberapa derajat. Oleh karena itu, orang yang berilmu dan beriman mampu menepis virus-virus perusakan iman dan akhlak yang ditawarkan oleh musuh-musuh islam. Dan Indonesia masih perlu berbenah diri dalam segi pendidikannya, baik pendidikan formal maupun non formal. Sehingga perlu usaha yang lebih untuk menjadikan generasi penerus sebagai laskar pemuda yang beriman dan berilmu. Adapun strategi yang diperlukan adalah sebagai berikut :
1.      Cerdas dengan menata fikiran
2.      Cerdas dengan menata mental
3.      Cerdas dengan menata fisik
(Dalam budiyanto: 2010)

Langkah konkret :
a.       Membudayakan untuk membaca dan menulis
b.      Tradisi berfikir
c.       Tradisi berdiskusi

3.      Memohon perlindungan kepada Allah SWT
       Senantiasa memohon perlindungan dari Allah SWT agar diberikan keistiqomahan dalam menapaki jalan-Nya. Utsman bin ‘Ash pernah mengadu kepada rasulullah saw terkait Setan yang selalu menghalanginya ketika sholat. Rasulullah saw pun bersabda, “Itulah Setan yang bernama Khanzab; jika engkau merasakannya, mohonlah perlindungan Allah daripadanya dan meludahlah ke arah kirimu tiga kali”. Utsman pun berkata, “Aku lalu mengamalkannya, Allah pun menghilangkannya dariku.” (HR. Muslim).
E.     Peran Strategis Mahasiswa dalam Rekayasa Sosial
 “Setiap kali saya menghadapi masalah – masalah besar, maka yang ku panggil adalah anak muda” (Umar bin Khatab)          
Dari pernyataan Umar r.a di atas telah jelas bahwasannya pemuda menjadi alternatif pertama sebagai problem solving yang dipercaya dapat menyelesaikan masalah. Begitu juga, ketika berbicara tentang rekayasa sosial atau perubahan sosial, belum lengkap jika tidak membahas tentang pemuda, khususnya mahasiswa. Jika menilik sejarah bangsa Indonesia yakni  pada masa pergerakan kemerdekaan (tahun 1908, 1928, dan 1945), penjungkalan orde lama, peristiwa malari, aksi protes terhadap kebijakan NKK/BKK, lengsernya Soeharto, dan sebagainya sudah cukup menjadi bukti bahwasannya mahasiswa merupakan agen perubahan (agent of change). Dapat dilihat bahwa mahasiswa merupakan kelompok pembaharu dan berperan aktif dalam proses perubahan sosial yang terjadi di kalangan masyarakat.  
Mahasiswa mempunyai peran yang sangat penting dalam upaya perubahan sosial, menurut  Arbi Sanit ada dua peran pokok yang selalu tampil mewarnai setiap aktivitas gerakan mahasiswa. Pertama, sebagai kekuatan korektif terhadap penyimpangan yang terjadi. Kedua, sebagai penerus kesadaran masyarakat luas akan problema yang terjadi sehingga ia senantiasa melahirkan berbagai alternatif pemecahan masalah (problem solving).
Mahasiswa adalah kaum intelektual yang mampu memperjuangkan nila-nilai kebenaran dengan membangun konsep gerakan yang jelas. Peran mahasiswa meliputi Agent of Change, Social Control dan Iron Stock. Melalui gerakan yang diperjuangkan mahasiswa mampu merubah tatanan sosial dengan membangun perubahan yang lebih baik karena gerakan mahasiswa tercermin dari transformasi gerakan mahasiswa sebelumnya, lalu dengan rekayasa sosial mahasiswa yang terkonsep saat ini gerakan mahasiswa mampu membuat model gerakan sesuai zamannya karena mahasiswa adalah kaum intelektual muda yang mempunyai ide-ide cerdas dan kreatifitas yang penuh inovasi secara  matang.
Dalam posisi sosial, letak mahasiswa berada ditengah-tengah sehingga mudah diterima di semua kalangan.Untuk kalangan bawah yaitu rakyat, mahasiswa menjadi harapan dan tumpuan rakyat dalam menyampaikan aspirasi, untuk kalangan atas yaitu pemerintah, mahasiswa menjadi oposisi gerakan dan mengontrol kebijakan pemerintah. Gerakan mahasiswa sampai saat ini adalah sebagai motor perubahan dalam segala bidang. Perjuangan mahasiswa dalam arti yang sebenarnya adalah tulus ikhlas tanpa pamrih serta mampu mempertahankan sikap idealisme dalam mengusung setiap agenda perubahan.
Sebenarnya di dalam jiwa mahasiswa itu sendiri terdapat setidaknya empat peran(elemen) mahasiswa yang menjadi tanggungjawab sosial sebagai intelektual muda.
Pertama, peran moral. Gerakan mahasiswa sejatinya adalah mengemban amanah yang penuh dengan keteladanan dalam membangun gerakan moral. Kedua, peran sosial. Hati nurani mahasiswa haruslah selalu menumbuhkan kepekaan sosial dalam menyikapi keadaan di lingkungan sekelilingnya. Ketiga, peran akademik/intelektual. Mahasiswa harus mampu menyeimbangkan antara organisasi dan akademik, sehingga diperlukan menejemen yang baik untuk mengatur semua aktivitas sesuai dengan porsinya. Keempat, peran politik. Politik adalah seni mengatur strategi sehingga politik yang dimainkan mahasiswa adalah politik nilai, politik yang mengedepankan gerakan moral. Di sini posisi mahasiswa adalah independen dan tetap mengedepankan idealisme.

      





BAB III
PENUTUP

A.      Kesimpulan
1.        Rekayasa sosial merupakan sebuah proses yang direncanakan, dipetakan pelaksanaannya guna mengadakan perubahan struktur dan kultur berbasis pada sosial masyarakat.
2.        Ada beberapa faktor yang menyebabkan terjadinya perubahan sosial yakni sebagai berikut : (1) Ideas merupakan pandangan hidup (way of life),(2)  great individuals (tokoh-tokoh besar), dan (3) Social Movement (gerakan sosial);
3.        Sumber-sumber perubahan juga bisa disebabkan oleh; (1) Kemiskinan (poverty), (2) Kejahatan (crimes) yang biasanya berjenjang dari blue collar crimes sampai white collar crimes, dan (3) Pertikaian atau konflik (conflict)
4.        Di dalam mekanisme perubahan sosial dibutuhkan konsep-konsep dasar sebagai model perubahan sosial dalam upaya memecahkan masalah. Adapun konsep rekayasa sosial sebagai berikut : evolusi, revolusi, reformasi, dan metamorfosis.
5.        Mahasiswa mempunyai peran yang sangat penting dalam upaya perubahan sosial yakni sebagai kekuatan korektif terhadap penyimpangan yang terjadi, sebagai alternatif pemecahan masalah (problem solving), sebagai Agent of Change, Social Control dan Iron Stock.
6.        Metamorfosis sosial sangat diperlukan untuk mengubah Indonesia. Konsep ini telah dicontohkan oleh Rasulullah SAW dalam berdakwah kepada umat jahiliyah terdahulu untuk mengubah akhlak dan menegakkan aqidah mereka.




DAFTAR PUSTAKA
Al Buthy, Muhammad SR (1999), Sirah Nabawiyah, Jakarta : Robbani Press
Al-Qur’an dan terjemahnya, Departemen Agama RI, Jakarta, 1995
Budiyanto, Dwi. (2010). Prophetic Learning. Yogyakarta: pro-u media.
Badudu,,JS (1994) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta : Karya Pustaka
http://pemuda-fighter.blogspot.com/2011/10/sosial-morfosa-perubahan-sosial-menuju.html
http://granadamediatama.wordpress.com/the-golden-age/kaki-tangan-dajjal-mencengkeram-indonesia/
L.Laeyendercker. (1991). Tata, Perubahan, Dan Ketimpangan. Jakarta: PT.Gramedia Pustaka Utama.
Rakhmat, J. (1999). Rekayasa Sosial. Bandung: Rosda.


Oleh : Mae Perindu Surga

  • 1 komentar:

  • bagus materinya... sy jadikan referensi untuk materi reksos

    • Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

About Me