preload

MUSLIM NEGARAWAN

MUSLIM NEGARAWAN

Pages - Menu

TAUJIH

Published in:



“DO’A DAN AMALAN KEBAIKAN DAPAT MEMANJANGKAN UMUR”
Oleh : Mae


Mari sejenak kita renungkan beberapa pertanyaan ini...
§      Siapa yang  tahu  kapan maut akan menjemput kita?¿
§      Siapa yang tahu di mana maut akan menjemput kita? ¿
§      Siapa yang tahu bagaimana nyawa kita akan dicabut? ¿

Tak seorangpun tahu akan hal itu karena kematian merupakan rahasia Allah SWT. Mengenai waktu, tempat, dan bagaimana kita akan mati, kita hanya diberi pengetahuan sedikit tentang hal tersebut.  Sesuai dengan firman Allah yang artinya : "Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui (dengan pasti) apa yang akan diusahakannya besok. Dan tiada seorang pun yang dapat mengetahui di bumi mana dia akan mati. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal." (QS. Luqman: 34).
            Kita harus percaya bahwa Allah telah menetapkan segala sesuatu  sesuai dengan ilmu dan iradah-Nya termasuk tentang kematian untuk semua makhluk. Allah telah menuliskan semuanya di lauh mahfuzh dan akan tetap ada hingga hari kiamat tiba. Dan hanya Allah-lah yang berhak untuk menetapkan, mengahapus dan menuliskan segala ketetapan-Nya di lauh mahfuzh. Kita sebagai makhluk ciptaan Allah hanya dapat mengusahakan yang terbaik untuk mempersiapkan diri bartemu dengan-Nya, yaitu dengan mempersiapkan amalan-amalan sebagai suatu tanda penghambaan kita kepada Allah. Dan melalui amalan-amalan yang baiklah dapat menimbulkan keberkahan atas umur kita. Rasulullah bersabda: "Tiada yang bisa mengubah  takdir selain doa dan tiada yang bisa memanjangkan umur kecuali perbuatan baik".
Dengan demikian, kita dapat mengubah takdir kita dengan do’a dan amalan-amalan kebaikan. Dengan cara inilah kita mengusahakan kebaikan atas perjalanan kita selama kita hidup di dunia ini. Takdir yang demikian termasuk takdir mu’alaqo atau ijtiari, di mana manusia mempunyai kemampuan untuk bisa mengubahnya.
  • 0 komentar:

    • Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Blogger templates

About Me